Sport

Basuki Sebut Listrik dan Air di IKN Bisa Digunakan, Jokowi Siap-siap Pindah

×

Basuki Sebut Listrik dan Air di IKN Bisa Digunakan, Jokowi Siap-siap Pindah

Sebarkan artikel ini



Cerp-lechapus.net, JAKARTA–Ketersediaan aliran listrik dan air siap menunjang aktivitas di Ibu Kota Nusantara (IKN) jelang perayaan hari kemerdekaan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan ketersediaan air bersih serta aliran listrik di Ibu Kota Nusantara (IKN) dipastikan telah siap. Dia mengatakan pada Juli ini atau mendekati hari perayaan kemerdekaan, infrastruktur dasar itupun bisa digunakan.

BACA JUGA: Pembangunan IKN Dihentikan Sementara hingga 17 Agustus

Basuki merinci, air bersih di IKN ditargetkan bakal mulai terdistribusi pada tanggal 15 Juli 2024. “Kalau commisioning-nya kira-kira pertengahan bulan ini kalau air bersih,” jelasnya saat ditemui di Tol Cimanggis – Cibitung, Rabu (10/7/2024).

Sementara untuk listrik, Basuki juga menyebut mengalir dalam waktu dekat. Hal itu sebagaimana telah dilakukan pengecekan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) beberapa waktu lalu.

Basuki menyebut pasokan Listrik di IKN itu sudah siap untuk dialirkan, termasuk untuk memenuhi kebutuhan di Istana serta Kantor Presiden. “Kalau listrik, kemarin Pak Menteri BUMN kan sudah ngecek ke sana, sudah siap dengan aliran listriknya [termasuk untuk kantor Pak Jokowi] iya,” jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat mempertanyakan Kembali kesiapan listrik dan air di IKN. Pertanyaan itu dilontarkan Jokowi usai dirinya ditanyai mengenai kapan rencana pindah ke IKN.

“Airnya sudah siap, belum? Listriknya sudah siap, belum? Tempatnya sudah siap belum? Kalau siap, [tinggal] pindah,” jelasnya.

BACA JUGA: IKN Rawan Banjir, BNPB: Sudah Ada Peta Risiko Bencana untuk 25 Tahun ke Depan

Presiden Ke-7 RI itu sebelumnya juga mengungkapkan bakal mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Juli 2024 atau tepatnya sebulan jelang perhelatan Upacara HUT Kemerdekaan ke-79 RI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *