Sport

Seleksi Carik Kalurahan Tamanan Bantul Diduga Bermasalah, Lurah Nekat Lantik Carik Baru

×

Seleksi Carik Kalurahan Tamanan Bantul Diduga Bermasalah, Lurah Nekat Lantik Carik Baru

Sebarkan artikel ini



Cerp-lechapus.net, BANTUL–Pelantikan Ratri Erviana Anggraeni sebagai carik Kalurahan Tamanan tetap dilakukan di Kalurahan Tamanan, pada Kamis (13/6/2024). Padahal rekomendasi Lembaga Ombudsman (LO) DIY untuk menyelenggarakan ujian tertulis ulang belum dilakukan. 

Sebelumnya peserta seleksi carik Kalurahan Tamanan, Ririn Ardilliyas Putri telah melaporkan pada LO DIY mengenai dugaan ada kecurangan dalam proses seleksi carik Kalurahan Tamanan. Dari laporan tersebut, LO DIY telah mengeluarkan surat No.03/PEM-REKOM/VI/2024 tentang rekomendasi terhadap proses seleksi tersebut. 

Dalam surat tersebut, LO DIY merekomendasikan agar Lurah Kalurahan Tamanan, Hartoyo menangguhkan pelantikan calon carik Kalurahan Tamanan sampai diselenggarakan kembali tes CBT pilihan ganda dan uraian ulang. Selain itu, LO DIY juga merekomendasikan agar Direktorat Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRPM) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai pihak ketiga yang bertanggungjawab melakukan proses seleksi carik tersebut agar mengulang pelaksanaan ujian tertulis tersebut. 

Ririn Ardilliyas Putri dan keempat peserta seleksi lainnya mengaku tidak ada informasi ujian tertulis ulang sesuai rekomendasi LO DIY hingga pelantikan carik tersebut dilakukan. Dia pun menyayangkan rekomendasi LO DIY tersebut tidak dijalankan. 

“Sama sekali tidak ada [undangan ujian tertulis ulang],” ujarnya. 

BACA JUGA: Perluasan Lahan RSUD Panembahan Senopati Belum Juga Klir, Ini Penyebabnya

Dia beserta keempat peserta lain pun hadir dalam pelantikan carik tersebut. Dia pun sempat meminta penjelasan dari Panewu Banguntapan dan Lurah Tamanan terkait tidak dilaksanakan rekomendasi LO DIY tersebut setelah acara pelantikan carik tersebut. Namun, dia hanya ditemui oleh Panewu Banguntapan. Lurah Tamanan, Hartoyo seusai pelantikan langsung masuk ke ruangannya dan tidak bersedia dimintai banyak keterangan lantaran kesehatannya terganggu karena terkena stroke sejak beberapa bulan lalu. 

Sementara Panewu Banguntapan, I Nyoman Gunarsa menyampaikan pihaknya telah mendapatkan surat rekomendasi LO DIY tersebut. DIa mengaku telah menyampaikannya kepada perangkat Kalurahan Tamanan. Dia pun meminta agar Kalurahan Tamanan menyampaikan kepada DRPM UNY untuk melaksanakan ujian tertulis ulang. Meski begitu, pihaknya menyayangkan lantaran hingga pelantikan tersebut pihak Kalurahan Tamanan tidak menindaklanjuti rekomendasi LO DIY tersebut. 

“Sampai hari ini enggak ada [ujian tertulis ulang]. Monggo itu Pak Lurah dan Carik yang melakukan tindak lanjut [rekomendasi LO DIY],” ujarnya.

Lurah Kalurahan Tamanan, Hartoyo tidak banyak berkomentar saat ditanya mengenai rekomendasi LO DIY tersebut. 

“Tanya saja sama panitia, kok tanya saya,” katanya saat ditemui setelah pelantikan carik Tamanan, di Kalurahan Tamanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *